Musik

Lirik Lagu Benyamin Abang Pulang

Lirik Lagu Benyamin Abang Pulang

Benyamin S. adalah salah satu legenda dalam dunia musik Indonesia. Karya-karyanya yang khas dan beragam membuatnya dikenal oleh banyak orang. Salah satu lagunya yang menjadi favorit penggemar adalah “Abang Pulang”. Dalam lagu ini, Benyamin mengisahkan kisah seorang abang yang pulang ke rumah dengan segala macam perasaan.

1. Pengantar: Keberadaan Benyamin S.

Benyamin S., dengan nama asli Benny Daniel atau Basuki Rachmat, lahir pada 5 Maret 1939 di Batavia, Hindia Belanda (sekarang Jakarta). Ia dikenal sebagai seorang aktor, komedian, penyanyi, sekaligus sutradara yang memiliki ciri khas unik dalam seni peran dan musiknya. Sebagai salah satu pelopor film komedi Indonesia, ia mampu menciptakan karakter-karakter yang cerdas namun tetap menghibur penonton.

2. Mengenal Lagu “Abang Pulang”

“Abang Pulang” adalah salah satu lagu yang diciptakan oleh Benyamin sendiri dan dirilis pada tahun 1973 sebagai bagian dari album “Biarkan Way Up”. Lagu ini memiliki lirik yang sederhana namun menyentuh hati banyak pendengarnya.

“Abang pulaaaannn… dengan hatiiii… tak berdendaaaaaa…”

Puisi ini mencerminkan rindu seorang istri terhadap suaminya yang sedang berada jauh dari rumah. Liriknya yang sederhana dan mudah diingat membuat lagu ini sangat populer hingga saat ini.

3. Makna dalam Lirik

Secara keseluruhan, “Abang Pulang” menggambarkan perasaan rindu dan kerinduan seorang istri terhadap suaminya yang sedang berada jauh dari rumah. Dalam lirik lagu ini, Benyamin menyampaikan emosi dan perasaannya dengan cara yang sederhana namun penuh makna.

Melalui lirik “Abang pulang dengan hati tak berdenda”, Benyamin menunjukkan bahwa sang suami akan pulang ke rumah dengan perasaan yang tidak bersalah atau menyakitkan hati istri. Ia ingin menegaskan bahwa meski memiliki keterbatasan, dirinya masih mencintai sang istri.

Terkadang dalam lirik tersebut juga digunakan kata-kata unik seperti “berdenda” untuk menggambarkan bahwa benar-benar tak ada dosa di hati sang suami saat pulang ke rumah. Penggunaan kata-kata tersebut memberikan nuansa tersendiri dalam lagu ini.

4. Karakteristik Musikal dalam Lagu

“Abang Pulang” memiliki karakter musikal yang khas dari Benyamin S. Lagu ini menggunakan alunan musik tradisional Indonesia seperti gamelan sebagai pengiringnya, yang membuatnya terdengar unik dan mempesona.

Tidak hanya itu, melodi lagu yang sederhana dan repetitif juga menciptakan suasana yang lembut dan romantis. Dalam lagu ini, Benyamin berhasil menggabungkan unsur-unsur musik tradisional Indonesia dengan populer di era tersebut untuk menciptakan gaya musik yang autentik.

5. Warisan Musikal Benyamin S.

Benyamin S. meninggal dunia pada tanggal 5 September 1995, tetapi karyanya masih terus dikenang oleh banyak orang. Ia tidak hanya meninggalkan jejak dalam perfilman Indonesia, tetapi juga dalam dunia musik.

Lagu-lagu seperti “Abang Pulang” menjadi warisan berharga dari Benyamin S. untuk generasi mendatang. Melalui karakteristik musikalnya yang unik dan liriknya yang menyentuh hati, ia telah meninggalkan jejak yang tak terlupakan dalam industri musik Indonesia.

“Abang Pulang” adalah salah satu contoh karya mendalam dari Benyamin S., seorang seniman multitalenta yang mampu menghibur dan menyentuh hati pendengarnya melalui puisi-puisinya.

Sumber: Informasi didapatkan dari pengenalan pribadi tentang karier dan karya-karya Benyamin S.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Musik

Comments are closed.