Musik

Lirik Lagu Batak Didia Ho Among

Lirik Lagu Batak Didia Ho Among

Selamat datang di blog musik kami! Kali ini, kami akan membahas salah satu lagu dari daerah Batak yang sangat populer, yaitu “Didia Ho Among”. Lagu ini memiliki makna yang dalam dan melodi yang indah, sehingga seringkali menjadi favorit para penggemar musik Batak. Mari kita telaah lirik dan maknanya secara lebih detail.

1. Latar Belakang Lagu

Sebelum masuk ke dalam liriknya, penting untuk mengetahui latar belakang lagu “Didia Ho Among”. Lagu ini berasal dari suku Batak, yang merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia. Suku Batak tinggal di wilayah Sumatera Utara dan memiliki tradisi musik yang begitu kaya.

2. Makna Lirik

“Didia Ho Among” bermakna “Hati Di Tengah” dalam bahasa Indonesia. Lirik lagu ini menggambarkan perasaan seseorang yang merindukan sosok seorang ibu atau orang tua yang sangat dicintai. Dalam budaya Batak, keluarga memiliki peran yang sangat penting dan nilai-nilai kekeluargaan dijunjung tinggi.

Di bawah ini adalah lirik lengkap dari lagu “Didia Ho Among”:

Didia ho among muba holongmi
Holongmi parsuratan
Ninakkon do au ito
Gabe ma hasiangan

O dengganakkon ho
Tinggal rap hita nadua
Horas ma ito dan nauli
alai solongmi adong do dirohakki

Sai ma au sihaloho i
Sura sura mambahen tondi tongtonganku

Didia ho among muba holongmi
Holongmi parsuratan
Ninakkon do au ito
Gabe ma hasiangan

O dengganakkon ho laos maholongki au sian peken I

Dengganakku sirisiran au olo dirohami

O dengganakku ho laos margojoking dangolsanakmu supaya hubang do rohangki tu satu

3. Analisis Lirik

Lirik lagu “Didia Ho Among” mengandung makna yang mendalam dan penuh emosi. Dalam bait pertama, penyanyi menyampaikan rindu yang begitu besar terhadap sosok ibu atau orang tua yang telah pergi. Ia merasa kehilangan sosok yang dicintai, namun tetap berusaha menjalani hidup dengan bahagia.

Bait kedua menunjukkan penyesalan di balik kepergian sang ibu atau orang tua. Penyanyi merasa kalau dirinya masih memiliki banyak hal penting untuk dikatakan kepada mereka, namun kini sudah terlambat. Hal ini menggambarkan keinginan penyanyi untuk bisa kembali bersama mereka.

4. Melodi dan Bunyi

Melodi lagu “Didia Ho Among” sangat khas dengan nuansa musik Batak yang kental. Alunan musik tradisional Batak terdengar begitu indah dan menghanyutkan. Kombinasi vokal yang kuat dan melodi yang memikat menyampaikan emosi dalam lirik lagu dengan sangat baik.

5. Kesimpulan

“Didia Ho Among” adalah sebuah lagu Batak yang memiliki makna mendalam tentang rindu kepada orang tua atau sosok ibu yang begitu dicintai. Liriknya menyentuh hati dan membawa kita pada perasaan nostalgia akan keluarga kita sendiri.

Jadi, jika Anda ingin merasakan melodi yang memukau dan lirik yang bermakna, dengarkanlah lagu “Didia Ho Among”. Anda pasti akan terpesona oleh keindahan musik Batak dan pesan emosional di dalamnya.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Musik

Comments are closed.